Minggu, 09 Oktober 2011

Jika Saya Ditanya Manfaat Organisasi(kemahasiswaan)


Menurut saya, Organisasi  adalah suatu wadah buat mahasiswa untuk belajar dan didalamnya mengandung pengajaran tentang kerjasama serta unsur manajemen, karena suatu hari nanti pengalaman yang diraih akan diterapkan pada dunia pekerjaan yang sudah pasti akan dialami oleh semua mahasiswa setelah lulus nanti.
Namun konsep idealnya bahwa organisasi dilingkungan kampus adalah sebagai wadah buat mengembangkan minat dan potensi, tertantang untuk berpikir kritis, untuk sosialisasi, melatih kemampuan bekerja sama dalam team work...
Nah...kalau organisasi dikampus saya manfaat organisasi yang saya rasakan dan terlihat adalah :

1. Dengan berorganisasi kita mendapat pengalaman
2. Mempunyai banyak teman
3.Memperoleh banyak informasi
4.Disana kita dapat belajar mengasah mental
5.Mendapat solusi dari suatu masalah yaitu dengan adanya organisasi jadi setiap orang bisa memberikan pendapat yang nantinya membawa dampak positif bagi semua pihak yang terkait(maka dari itu mari kita berorganisasi)......
Singkatnya begitu.....
jadi kita harus sadar bahwa organisasi itu penting, ya seorang mahasiswa harus sadar betul akan masa depan dan tuntutan zaman. Seorang mahasiswa mungkin masih terlena akan enaknya dunia karena masih disokong oleh orang tua mereka. Tapi pas sewaktu memasuki dunia sebenarnya mereka kaget dan terperangkap akan arus dunia global yang tiada henti. Jadi persiapkan diri sejak dini dan siaplah menyonsonh masa depan yang penuh tantangan..

Ada lagi manfaatnya yang saya dengar dari para pemateri, salah satunya yang saya ingat....beliau mengatakan bahwa :
“Manfaatnya organisasi bukan untuk sekarang, tapi untuk kerja nanti.
Dengan gabung di suatu organisasi, kamu punya nilai tambah untuk proses lamaran kerja nanti apalagi sekarang kerjaan itu dibutuhkan yang "bisa bekerjasama dalam tim" dan "memiliki network yang luas".
Kalo gak bisa bersosialisasi dari masa kuliah nantinya jadi susah sendiri.
Wajar kalau sekarang banyak mahasiswa yang kurang suka berorganisasi, karena jelas makin kesini orang makin individualis.
Mungkin karena gak sepaham atau gak seminat antara kita sama ketua ataupun anggota lainnya, tapi ya namanya organisasi di dalamnya ada banyak kepala yang punya satu tujuan, jadi saran saya buat teman-teman kalau mau masuk organisasi juga yang harus sesuai sama minat kita.

Yaa itulah manfaat yang memberi kesan indah suatu hari nanti,,,, walaupun ada benarnya juga... cara pandang setiap orang kan berbeda terhadap segala sesuatu asalkan tidak melanceng...dengan kata lain ada perilaku kurang nyaman yang dirasakan oleh orang lain.

Suatu hal yang dilematis memang.....hidup tidak hanya sekedar hidup...melainkan harus bermanfaat bagi orang lain juga.. dari masa ke masa.. jaman ke jaman.... berbeda pula pemahaman terhadap sesuatu yang di anggap penting atau tidak penting.
Oh yaa...ada satu hal lagi pendapat saya mengenai realitas organisasi kampus (saya) sekarang, jika ditanya dan harus dipaksa menjawab, maka jawabannya....
Organisasi mahasiswa sekarang?
sekarang manfaatnya hampir tidak ada, kenapa?
Karena tujuan berorganisasi sudah kabur oleh emosi dan kepentingan pribadi, coba di cek aja mahasiswa dikampus kalian  yang ikut berorganisasi dari angkatan  berapa aja? berprestasi atau  tidak?
Akademik dan organisasi saling berhubungan. Dengan akademik,
1. mahasiswa tahu bertanggung jawab atas duit orang tuanya.
2.mahasiswa tahu bahwa realitas ilmiah sangat diperlukan dalam berorganisasi (pengambilan keputusan), bukan mengandalakan otot, emosi, dan suara keras.

Masa, mau  demo, main paksa mahasiswa yang lain.
itu yang mungkin menyebabkan mahasiswa sekarang kurang suka berorganisasi
.

Sebenarnya ingin yang banyak tulis.....tapi mengingat konteks judul yang saya ingin ungkapkan tentang manfaat organisasi,,,yaa mau tidak mau cukup itu saja dulu.... kapan-kapan saya akan share lagi.... ^_^


Created, rudini (Minggu, 09 Oktober 2011) 18:59 Wita


Jika ingin mendownload file pdf nya klik disini








Tidak ada komentar:

Posting Komentar